Sejarah Sepak Bola

Menurut sumber yang sangat terpercaya, FIFA, sepak bola berasal dari Cina. Tentunya namanya belum sama seperti sekarang, tetapi masih bernama “tsu chu”. Aneh ya? Memang. Sebagai informasi, tsu chu lahir pada adad ke 2-3 sebelum masehi.

Bola dalam permainan sepak itu dibuat dari kulit binatang, sesuai dengan arti chu yang bila diterjemahkan secara kasar berarti bola dari kulit binatang yang mempunyai isi. Tentunya bentuknya pun bulat, agar bisa ditendang secara akurat. Aturan dalam permainan yang bersejarah ini mudah saja. Kita harus menggiring atau melakukan tendangan agar masuk ke sebuah jaring yang dibuat pada dua buah tiang.

Selain itu, sejarah sepak bola juga datang dari Jepang, tetapi dengan jarak waktu yang sangat jauh dari Cina. Orang Jepang sudah mengenal permainan sepakbola sejak abad ke-8. Namanya adalah “kemari”. Tetapi bentuknya sedikit berbeda, karena di tengah diberi lubang utnuk udara. Selain itu, orang Yunani juga mengenalnya. Orang Yunani menyebutnya “episcuro”. Ini terbukti dari beberapa relief yang menggambarkan aktivitas tersebut. Disana digambarkan beberapa anak muda memainkan dengan paha mereka serta memegangnya.

Untuk sejarah sepak bola modern, tentu saja berasal dari Inggris. FA berdiri pada 1863 dan masih eksis sampai sekarang. Ini berasal dari abad ke-19 dan dimainkan pada beberapa sekolah.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di olahraga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s