Teknologi Pendidikan

Komunitas

Dalam karakterisasi profesi yang dikemukakan Finn tahun 1953 dinyatakan bahwa komunikasi dibantu oleh asosiasi profesional. Asosiasi ini menciptakan rasa se komunitas (sense of community). Di samping itu asosiasi juga bekerja dalam lingkungan tertentu dan banyak juga asosiasi profesional dalam bidang teknolog pembelajaran. Di antaranya ialah the Association for Educational Communications and Technology, yang menghimpun masyarakat yang memiliki kepentingan yang sama dan anggotanya berasal dari berbagai masyarakat kerja. Asosiasi yang lain seperti the International Visual Literacy Association, memfokuskan pada satu wilayah perhatian untuk anggotanya dari banyak kalangan masyarakat. Bila profesional dari berbagai masyarakat kerja mengadakan asosiasi terdapat kendala komunikasi yang lebih besar daripada bila mereka menghimpun diri pada bidang yang lebih sempit.

Dengan munculnya teknologi pembelajaran sebagai bidang studi yang luas tapi tersendiri, menjadi pentinglah untuk menghubungkan masyarakat ini dengan teknolog pembelajaran untuk membantu masyarakat itu mencapai tujuan. Definisi umum membantu pencapaian tujuan, khususnya definisi dan pengertian mengenai sifat bidang studi, tetapi definisi itu harus cukup luas untuk bisa mencakup banyak minat dan spesialisasi. Ini merupakan suatu fungsi dari kelima ranah dan variasi komponennya. Di satu sisi, definisi juga harus menjadi “rumah” bagi setiap anggota dari masyarakat profesional yang lebih luas. Dengan kelompok profesional yang lebih besar ini, lebih mudahlah untuk menentukan standar, kode etik, posisi kebijakan, pengetahuan dan keahlian teknis di antara masyarakat teknolog pembelajaran.

Identifikasi profesional lebih dari sekedar memasang label. Identifikasi itu juga menjadi arah yang jelas karena membantu pemahaman tentang dasar pengetahuan bidang studi, dan juga pengalaman bekerja dan berasosiasi dengan pihak lain dengan latar belakang yang sama. Sementara definisi umum sebuah bidang studi tidak menjadi garansi. Di samping itu, sense of community dan identifikasi itu juga tergantung pada luasnya definisi dan seberapa ruang untuk keberagaman dan pertumbuhan kretifitas.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di portofolio. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s