Definisi dan Peranannya dalam Penyusunan-Agenda

Definisi dan Peranannya dalam Penyusunan-Agenda
Pengembangan Agenda untuk Penelitian dan Praktek
Pertumbuhan dan perkembangan di dalam bidang studi bukan sekedar hasil kebetulan tetapi merupakan hasil pengagendaan secara konkret. Pertumbuhan dan perkembangan itu merupakan spesifikasi para pemimpin yang berpengaruh dalam suatu disiplin, atau agenda yang lebih abstrak yang merefleksikan iklim intelektual dan sosial. Cobb dan Elder (1983), ketika membahas agenda politik, menyatakan bahwa “isi dan dinamika penyusunan agenda merupakan fungsi konteks sosial, politik, dan ekonomi tempat proses ini dipadukan, konteks itu secara konstan berubah, dengan menciptakan kendala baru dan mengubah yang lama”.
Dalam sejarah teknologi pembelajaran, terdapat ketentuan sosial dan peristiwa penting yang telah mempengaruhi agenda bidang studi. Satu contohnya ialah pengaruh Sputnik Rusia pada reformasi pendidikan Amerika. Kekuatan lain yang mempengaruhi perkembangan teknologi pembelajaran adalah tuntutan militer dan industri untuk pelatihan yang cepat dan efektif. Secara intelektual, pengaruh teori Robert Gagne pada kondisi belajar dan pengaruh penekanan tujuan behavioral juga berfungsi sebagai konteks untuk pertumbuhan teknologi pembelajaran. Teknologi yang berkembang secara cepat dalam masyarakat kita merupakan yang penting secara sosial dan intelektual bagi teknolog pembelajaran.
Kekuatan-kekuatan ini berlaku pada agenda disiplin yang membentuk pendekatan umum ke arah penyusunan penelitian dan teori, teknik, dan prinsip-prinsip bidang studi. Kadang-kadang pengaruh penyusunan agenda juga jelas. Perkembangan teknologi merupakan contoh yang paling jelas. Kekuatan sosial menekankan pengaruhnya pada keberagaman belajar.
Agenda juga memandu pertumbuhan dan perubahan baik secara tertulis maupun tak tertulis. Agenda tertulis ditemukan dalam petunjuk pendanaan legislatif. Agenda tak tertulis tapi juga berpengaruh dalam perubahan kurikulum. Agenda tak tertulis juga terlihat dalam konvensi tahunan asosiasi profesional. Definisi bidang studi yang disajikan di sini juga memiliki implikasi untuk penyusunan agenda dalam teknologi pembelajaran. Apabila definisi diterima secara luas dan dipadukan dalam kultur bidang studi, maka definisi dapat berimplikasi pada anggota penelitian dan agenda praktek. Implikasi ini tampak dalam aspek-aspek yang berbeda dari definisi tahun 1977. Perbedaan itu menekankan pada arah baru ke arah kecenderungan perubahan bidang studi. Melalui perbedaan definisi memiliki potensi untuk berfungsi sebagai proses penyusunan agenda bidang studi teknologi pembelajaran.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s