pengaruh yang mungkin timbul dari penerapan teknologi pendidikan

Sedangkan pengaruh yang mungkin timbul dari penerapan teknologi pendidikan, secara umum menurut Miarso (1982) adalah:
1. Adanya perubahan dalam strategi perencanaan dan pengembangan kurikulum. Jika semula teknologi pendidikan (dalam arti yang sangat terbatas) dipandang hanya berperan pada taraf pelaksanaan kurikulum di kelas, konsepsi baru menghendaki teknologi pendidikan sebagai masukan (input) bahkan sejak tahap perencanaan kurikulum harus pula dikaji dan ditentukan bentuk teknologi pendidikan yang akan diterapkan.
2. Terbukanya kemungkinan bagi pelaksanaan empat tipe interaksi pendidikan, yaitu:
(a) Sumber berupa orang saja (seperti yang kebanyakan terjadi di sekolah kita saat ini). Dalam pola interaksi tipe ini, guru kelas merupakan pemegang kendali penuh atas berlangsungnya pembelajaran.
(b) Sumber berupa orang yang dibantu oleh atau dengan sumber lain. Dalam pola ini guru kelas masih memegang kontrol, hanya saja tidak mutlak sepenuhnya karena dia dibantu oleh sumber yang lain.
(c) Sumber berupa orang bersama dengan sumber lain berikut pembagian tanggung jawab masing-masing. Dalam hal ini terdapat kontrol bersama, misalnya sumber lain mengontrol penyajian informasi dan efektivitas penerimaan pesan, sedangkan guru kelas mengontrol disiplin dan kegairahan belajar siswa.
(d) Sumber lain saja tanpa sumber berupa orang. Pola ini berlangsung dalam suatu pembelajaran melalui media (mediated instruction). Namun hendaklah diingat bahwa media tidaklah mendidik melainkan dipakai oleh guru media (mediated teacher untuk mencapai anak didik.
3. Terbuka kemungkinan untuk lahirnya berbagai alternatif bentuk kelembagaan yang menyediakan fasilitas belajar, di samping dapat melayani segala bentuk lembaga pendidikan. Misalnya, kemungkinan bagi suatu bentuk sekolah terbuka yang fasilitas dan tata belajamya berbeda sekali dengan sekolah konvensional, tetapi dengan hasil (output) yang sama. Bersamaan dengan itu, sekolah yang konvensional pun masih dapat dilayani untuk usaha peningkatan mutu.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s