Perkembangan Bidang Studi

Asumsi bahwa teknologi pembelajaran merupakan bidang studi yang terpisah, suatu cabang pengetahuan tersendiri. Sementara teknologi pembelajaran berfungsi sebagai bidang studi selama bertahun-tahun, dan sekarang ini berfungsi sebagai profesi, statusnya yang matang termasuk baru bagi masyarakat kebanyakan. Kematangan ini dapat dilihat dari kepedulian profesional dan batas-batas teoritis yang jelas. Deflnisi teknologi pembelajaran tidak saja dipengaruhi oleh dimensi kematangan tetapi definisi itu juga memberikan dorongan lebih lanjut untuk pertumbuhan. Menurut Fin (1953) sebuah profesi memiliki dalam bentuk:
• khasanah teori dan penelitian teknik intelektual
• aplikasi paktis
• persyaratan pelatihan dan sertifikasi
• etika yang dicanangkan
• asosiasi dan komunikasi di antara anggotanya
Selama bertahun-tahun, bidang studi teknologi pembelajaran memenuhi kriteria ini, dan dalam prosesnya mengembangkan khasanah teorinya sendiri, dan menerapkan prinsip-prinsip dalam berbagai lingkungan. Meluasnya praktek teknologi pembelajaran banyak dikenal dan dapat dikatakan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Apakah bidang ini sudah mencapai kemajuan dengan pertumbuhan teoritis menurut parameternya sendiri merupakan masalah yang masih diperdebatkan di kalangan cerdik pandai. Hal ini merupakan inti diskusi mengenai kematangan disiplin teknologi pembelajaran. Kebanyakan pihak akan setuju bahwa ranah rancangan lebih matang daripada ranah-ranah lain, sebab mayoritas pengembangan teori dan penelitian teknologi pembelajaran diarahkan pada aspek-aspek rancangan. Sebagai konsekuensinya, meskipun akar intelektual rancangan pembelajaran dihasilkan dari teori bidang studi lain, rancangan pembelajaran dikembangkan juga oleh khasanah penelitian dan teori yang unik bagi bidang studi itu sendiri. Kita perlu mengganti khasanah pengetahuan dari bidang lain dengan dasar pengetahuan kita sendiri dalam masing-masing dari kelima ranah itu. Hal merupakan arah dan tujuan pertumbuhan intelektual nyata bidang studi teknologi pembelajaran.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s