Teknik Deep Breathing

Latihan pernafasan dapat juga dipakai untuk menenangkan orang. Teknik pernafasan ada bermacam-macam. Akan tetapi prinsipnya sama saja, yaitu ambil nafas sedalam-dalamnya dan keluarkan nafas sebanyak-banyaknya.

Prosedur menurut Rajan adalah sebagai berikut:
Ambillah nafas dalam-dalam sampai perut mengembung dan terasa bahwa seluruh paru-paru terisi udara. Kemudian keluarkan udara melalui hidung/mulut perlahan-lahan sebanyak-banyaknya sampai terasa udara dalam paru-paru habis.
Rajan juga menganjurkan untuk melakukan pranayama ini setiap hari dengan sedikitnya 10 pernafasan setiap latihan menurut Harsono (1988) atas penuturan Prof. Edmond Zeldom di Albany, New York, pelatih kondisi fisik tim baseball ini menyarankan prosedur sebagai berikut:
1. Duduk dengan badan tegak, kedua tangan rileks diantara lutut, mata dipejamkan.
2. Ambil nafas pelan-pelan sedalam-dalamnya melalui mulut (mulut jangan dibuka terlalu lebar), dan rasakan udara menyelinap ke seluruh pelosok alveoli paru-paru.
3. Keluarkan udara pelan-pelan melalui mulut dengan dibantu oleh otot-otot perut. Rasakan sampai seakan-akan paru-paru menjadi kosong udara.
4. Istirahat sebentar, kemudian ulangi prosedur di atas beberapa kali.
Prosedur di atas oleh Harsono (1988) dimodifikasi dengan tambahan sebagai berikut: Sembari mengambil nafas, mengatakan dalam hati “saya masukkan hidup baru ke dalam tubuh saya, saya bersihkan paru-paru saya” dan pada waktu mengeluarkan nafas “saya buang semua sampah pada kotoran dari tubuh saya, saya enyahkan semua penyakit, saya tenang, rileks”
Pada waktu pertandingan, deep breathing tersebut sering membantu kita untuk bisa kurang tegang. Segera timbul ketegangan, segeralah melakukan deep breathing sambil menenangkan jiwa dan pikiran.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di portofolio. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s