Teknik Model Training

Menciptakan model training adalah cara lain lagi untuk mengelola stress dan anxiety.
Pada waktu latihan, stress dan anxiety yang dirasakan oleh atlit biasanya lebih ringan dibandingkan dengan stress dan anxiety yang dialaminya dalam pertandingan. Dan oleh karena stress dan kecemasan ini umumnya dapat menurunkan prestasi, atlit harus ditolong atau dilatih untuk mengurangi perasaan tertekan tersebut pada waktu pertandingan nanti.
Oleh karena itu, pelatih dalam latihan-latihan harus memasukkan bentuk-bentuk maupun variabel-variabel latihan yang kelak diperkirakan akan dijumpai atlit dalam pertandingan yang sebenarnya. Vanek menyebut ini “model training” (Vanek dan Cratty: 1970), yaitu latihan yang mirip atau menyerupai situasi dan kondisi pertandingan yang sebenarnya. Dalam model training sebaiknya dimasukkan kombinasi dari situasi-situasi stress teknik, sosial dan mental yang sejauh mungkin mendekati situasi dan kondisi pertandingan. Diharapkan latihan demikian akan dapat mempercepat adaptasi penyesuaian atlit terhadap setiap situasi stress pertandingan.
Jadi, cara atau strategi yang paling baik yang dapat kita terapkan dalam latihan adalah dengan menciptakan suasana dan keadaan yang memberikan perasaan kepada atlit bagaimana bertanding dalam keadaan stress mental, atau overaroused (aktivasi yang berlebihan). Bagaimana situasi demikian dapat kita ciptakan? Di bawah ini adalah beberapa contoh model training yang diperkirakan bisa membantu melatih atlit untuk tidak terlalu tegang pada waktu bertanding.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di portofolio. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s