Teknik Respon Bebas Anxiety

Beberapa ahli ilmu jiwa melakukan modifikasi tambahan untuk teknik progresive relaxation dari Jacobson yaitu dengan melatih respons-respons bebas anxiety. Prosedur adalah sebagai berikut:
Pertama-tama atlit dimasukkan ke dalam suatu situasi yang menimbulkan kecemasan padanya. Kemudian situasi tersebut dihapus dengan stimulus eksternal, misalnya bunyi bel, bunyi peluit, teriakan “rileks” dari pelatih atau dengan cara lainnya. Maksud stimulus eksternal tersebut adalah, segera atlit mendengar stimulus eksternal tersebut, atlit diminta untuk segera pula berusaha untuk rileks, baik fisik maupun mental. Jadi atlit harus mengasosiasikan perasaan bebas anxiety (rileks) dengan stimulus dari luar tersebut. Hal ini haruslah berulang-ulang.
Kita latihkan kepada atlit, kelak setelah atlit conditioned (terbiasa) terhadap stimulus bebas anxiety ini, diharapkan agar dia bisa membebaskan diri dari anxiety atau perasaan cemas (sebagian atau seluruhnya) segera setelah ada stimulus tersebut.
Prinsip serupa pernah dicobakan kepada sejumlah atlit yang teramat aktif (hyperactive). Untuk beberapa bulan mereka diberi latihan rileksasi disertai dengan isyarat-isyarat verbal, misalnya “Cobalah rasakan seakan-akan tangan dan kakimu beratnya seperti karung goni berisi pasir.”, dan anak-anak segera bisa mengurangi kegaduhannya dan hyperaktivitasnya oleh karena asosiasinya dengan karung pasir, yaitu tangan dan kaki terasa berat seperti karung pasir tersebut, yang berarti “harus rileks” atau “jangan gaduh”.
Teknik-teknik serupa telah dicobakan pula kepada atlit yang mempunyai tingkat anxiety tinggi.

Tentang mohammadzainuri

sport,,,sport...sport...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s